Temukan Kami Di Facebook

Awas Virus Blog menyerang Anda


Virus blog yang saya maksud bukan menyebarkan keinginan blogging kepada orang lain. Virus disini juga bukan virus layaknya avian influenza yang bisa bikin KO penderitanya. Virus disini adalah virus yang dibawa oleh blog (halaman blog) berupa script-script yang sudah terjangkit virus atau terdefinisi sebagai virus oleh antivirus tertentu, yang dalam hal ini saya mendefinisikan antivirus yang saya maksud adalah Kaspersky Internet Security 2010 dengan virus definition update (database release) 24/01/2010 3:27:00.

Jika antivirus mendeteksi adanya virus saat kita membuka halaman blog (dan web statik juga berlaku) akan muncul notifikasi mengenai virus yang terdeteksi. Dalam hal ini yang dilakukan antivirus adalah memblokir script (hanya script), bukan memblokir halaman web yang kita buka.


Saya memperoleh notofikasi ini ketika saya mengunjungi blog seorang kawan blogger yang memang sudah saya masukkan dalam agregasi blog, maksudnya agar saya bisa selalu ikut tahu update terbaru-nya. Sudah beberapa hari memang blog itu masuk dalam agregasi. Tapi ketika saya berkunjung disambut warning dari antivirus di laptop saya.


Ah terpaksa deh saya hapus dari agregasi. Tetapi saya sudah mencoba memberi tahu empunya blog kok mengenai apa saja yang mengandung virus. Dan kalau saya lihat dari object yang terdeteksi sepertinya itu dari iklan-iklan yang terpasang pada blog.


Apa akibatnya?
  • Halaman web tidak akan tertampil sempurna (bahkan bisa diblokir).
  • Pengunjung enggan mengunjungi blog anda (makanya demi menjaga nama baik, blog yang saya maksud tidak saya cantumkan).
  • Merugikan pengunjung yang tidak tahu, jelas karena artinya komputer jadi ikut-ikutan kena virus. Artinya tentu saja anda jadi agen penyevar virus walau pastinya anda tidak sengaja.
Bagaimana mengatasinya?
  • Kalau itu dari iklan yang dipasang, lihat link yang menuju alamat script yang terdeteksi virus, hapus jika memang itu perlu dihapus
  • Kalau itu dari theme, silahkan buka entah itu PHP, CSS, HTML, JAVA dari file theme. Cari link menuju scritpt, kalau perlu hapus saja.
  • Kalau itu berasal dari plugins yang anda pasang dalam blog, deactive pluginsnya.
Preventif? Ada baiknya juga….
  • Jangan memasang iklan sembarangan, pastikan script-script yang dimasukkan dalam kode (HTML, CSS, PHP, JAVA) bersih, ada baiknya test terlebih dahulu dengan download semua script yang digunakan oleh iklan.
  • Teliti memasang theme, sebelum memasang theme ada baiknya dicoba di local computer.
  • Hati-hati pasang plugins, ada baiknya dicoba offline terlebih dahulu. Selain untuk ngindhik virus, mencoba secara offline juga berguna siapa tahhu dalam plugins ada eror, bisa-bisa web anda suspended


Recommended Posts :

0 comments:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))